F.A.Q : R7 Series


Halo Ofans !

Ketemu lagi dalam acara tanya @nikondroid ( *sok talkshow TV ) hehehe.. kali ini saya kembali untuk memberikan informasi mengenai F.A.Q ( Frequently Asked Question ) atau daftar pertanyaan yang sering ditanya ulang pada R7 series, ini mandat dari om johngijoe di Official lounge R7 series kaskus. Langsung aja ya :

Pengen beli R7 nih ada nggak sih reviewnya?

Kebetuan saya menulis review untuk R7 dan R7s. Sementara untuk R7 lite karena kurang lebih sama pengalamannya dengan R7 jadi saya tidak review, namun lebih ke perbandingan hasil foto saja, bisa dilihat disini. Selain itu saya juga membahas kamera R7 dan perbandingan kamera R7 dan R7 Plus.

Kapan sih om R7 diluncurkan di Indonesia ?


R7 dan R7 Plus secara resmi diperkenalkan pada 26 Mei 2015 di Jakarta, tepatnya Kempinski Ballroom, R7 lite langsung berada di pasaran tanpa perkenalan pada Juli 2015 dan R7s diperkenalkan di Empirica Jakarta pada 7 Desember 2015

Berapa harga masing - masing R7 Series ?

Saat tulisan ini dibuat ( Desember 2015 ) harga R7 series sebagai berikut :
R7           Rp. 4.399.000,- 
R7 lite     Rp. 3.999.000,-
R7 Plus   Rp. 6.999.000,-
R7s         Rp. 4.999.000,-

OPPO R7 itu apa aja sih serinya dan menggunakan OS apa?

Code Name              Nama jual produk di Indonesia              Versi Android
R7f                              R7 batch 1 ( awal jual )                            android 4.4.4 Kitkat
R7gID                         R7 batch 2                                                android 5.1.1 lollipop
R7fk                            R7 lite                                                      android 5.1.1 lollipop
R7sf                             R7s                                                          android 5.1.1 lollipop            
R7plusf                       R7 plus                                                    android 5.1.1 lollipop

Tipe apa saja yang masih dijual di Indonesia bulan ini ( Desember ) om?

Tipe yang masih dijual R7, R7 lite dan R7s. Untuk R7 Plus memang unit ini datang secara terbatas. Kalo masih pada bisa nyari di pasaran dalam keadaan tersegel, itu beruntung banget :)

Apa sih perbedaan antara ke 4 tipe tersebut?

Secara garis besar perbedaannya terletak pada RAM, internal dan teknologi VOOC. Lebih jelasnya sih bisa liat infografis yang saya buat di bawah :


Kalau untuk segi kamera apa ada perbedaan antara ke 4 tipe tersebut?

Pada dasarnya kesemuanya sama namun hanya seri R7 plus yang memiliki sensor berbeda dan teknologi kamera yang berbeda juga :). Silahkan lihat perbandinganya di infografis di bawah gan :

Kalau teknologi VOOC itu apa? dan seri apa aja yang menggunakanya?

VOOC Flash charge merupakan teknologi pengisian daya paling cepat di Industri smartphone saat ini. Teknologi ini hasil pengembangan OPPO sendiri gan selama 1,5 tahun. Dengan teknologi ini charge selama 30 menit akan menghasilkan kepenuhan baterai 75% dan charge 5 menit bisa telefon selama 2 jam. Seri yang menggunakan teknologi ini adalah R7, R7 Plus dan R7s.

Kalau R7 lite pakai teknologi apa? dan apa bedanya? bisa gak charger VOOC dipakai di R7 lite?

R7 lite menggunakan teknologi fast charging. Mudahnya dilihat dari adaptornya, kalau VOOC menggunakan adaptor 5V4A / 5V4.5A maka fast charging menggunakan adaptor 5V2A. Dengan fast charging R7 lite akan mengisi penuh dalam waktu kurang lebih 90 menit. 

Oke, VOOC flash charge itu bisa dibilang sebuah kesatuan sistem yang terdiri dari adaptor, kabel usb, port usb, baterai dan perangkat. Apabila ada salah satu kesatuan sistem itu yang berbeda atau bukan pasangannya maka VOOC flash charge tidak akan berjalan. Contohnya ya R7 lite digunakan charger VOOC, maka tidak akan mendapatkan kecepatan VOOC. Tapi apa bisa digunakan? bisa! karena VOOC adaptor punya chip canggih yang mengenali device yang disambungkan, jika VOOC maka dia akan mengeluarkan kemampuan fast chargingnya, jika bukan VOOC maka adaptor akan menyesuaikan daya yang dikeluarkan,1A,1,5A atau 2A tergantung dari perangkat yang dihubungkannya.

Berapa sih harga VOOC flash charge?

Harga VOOC flash charge itu Rp. 470.000,- termasuk adaptor dan kabel USB, selain itu VOOC hadir dalam bentuk Powerbank 6000 mAH seharga Rp. 880.000,- powebank ini jika di chargemenggunakan VOOC adapter maka akan penuh dalam waktu 2 jam, bisa beli disini . Selain itu ada VOOC car adapter, yakni adapter untuk mobil, harganya Rp. 430.000,- bisa dibeli disini. Semua VOOC system ini kecepatannya sama 30 menit 75%.

Kalau harga fast charging itu berapa ? earphonenya ?

Fast charging dijual Rp. 170.000,- , earphone sendiri harganya Rp. 150.000,- untuk charger dan earphone dapat diperoleh di service center.

Saya baru beli R7 series, berapa lama ya harus chargingnya?

Cukup sampe penuh aja gan :) nggak usah 8 jam, lhaa.. wong kurang dari 1 jam udah penuh hehehhe.

Berapa sih besaran microSD yang bisa dipasang pada R7 series?

R7 series dapat menampung microSD hingga 128GB. Saya sarankan untuk menggunakan microSD kelas atas, jujur saja saya percaya harga mahal jadi jaminan. Gunakan merek ternama atau bisa lihat review saya disini.

Kombinasi SIM dan MicroSD pada R7, R7 lite dan R7s

Apakah semua R7 series mendukung dual SIM Card?

Ya, semua R7 series mendukung dual SIM Card, dan dua - dua nya mendukung jaringan 4G yang digunakan secara bergantian, tinggal memindahkan mau menggunakanjaringan 4G di SIM 1 atau SIM 2, yangperlu dipahami nggak mungkin keduanya jalan 4G bersamaan hehehe selain boros daya, boros duit pulak kalo keduanya jalan bareng 4Gnya, lagipula mubazir hehehe.

konfigurasi SIM di R7 series adalah MicroSIM di SIM 1 dan NanoSIM di SIM 2, kecuali R7 Plus kedua SIM nya adalah NanoSIM.

Jaringan 4G apa yang didukung oleh R7 series?

Jaringan 4G yang didukung R7 series adalah band 1/3/5/7/8/20 dan TD 40. Di Indonesia operator GSM Sendiri menggunakan jaringan  3 ( 1800 Mhz ) dan 8 ( 900 Mhz ) dan operator CDMA menggunakan jaringan 5 ( 850 Mhz ) dan TD 40 ( 2300Mhz ). 

XL,Telkomsel dan Indosat ooredoo menggunakan jaringan 900 & 1800 Mhz. Sedangkan Smartfren menggunakan jaringan 850 & 2300 Mhz. Bolt menggunakan jaringan 2300 Mhz.

Jadi di R7 series bisa diisi kartu Smartfren dan Bolt?

Bisa gan, untuk tips menggunakan jaringan smartfren di R7 series bisa baca tulisan saya disini. Untuk Bolt prosesnya sama, tinggal menganti apn yang digunakan menjadi : internet. 


Sistem operasi apa yang digunakan oleh R7 series?

R7 series menggunakan sistem operasi khas OPPO, ColorOS 2.1 namun memiliki basis yang berbeda, R7 menggunakan basis android 4.4.4 kitkat dan R7 Lite, R7 Plus dan R7 s menggunakan basis android 5.1 lollipop. Kabarnya di OPPO forum internasional kesemua device ini akan mendapatkan pembaharuan sistem operasi pada Q1 2016.

Apa R7 series jika digunakan panas?

Ya tentu gan, kalo gak panas namanya dummy *kidding. Jadi panas di R7 series justru akan cepat hilang atau merata akibat penggunaan material metal di seluruh bodnya. Mengenai panas berlebih banyak faktor yang mempengaruhi, yang paling banyak adalah buruknya kualitas isnyal operator yang digunakan, walau keliatan full bar belum tentu stabil lho, kalo nggak stabil perangkat akan berusaha mencari sinyal hingga stabil. Nah ini membuat beban pada prosesor meningkat, maka timbulah panas.

Selain itu panas juga bisa disebabkan oleh virus atau aplikasi yang diam diam mengkonsumsi daya berlebih. Bisa aja mereka diam - diam berjalan di background untuk mengakes internet diam diam tanpa sepengetahuan pengguna. Kalo main game panas? ya iyalah, apalagi lama2 :) secara untuk game ada 2 prosesor yang bekerja sama yakni CPU dan GPU.

Gan apa R7 series kuat buat main game berat?

Kalo buat main game sih kuat2 aja, saya main MotoGP15, impulsion, moderen combat 5, FIFA 16, Asphlat dll bisa kok. Kalo di R7s malah lebih asik karena RAM gede , jadi game HD bisa dijalankan bersamaan dan ganti - gantian :)


R7 series memiliki LED Notification nggak?

kesemuanya punya gan, letaknya di depan. Lampu LEDnya secara defaut warna putih.

Berarti LED di R7 series bisa diganti warna? settingnya dimana ya?

Wah kalo LED R7 Series cuma ada 1 warna, putih dan memang tidak ada pengaturan buat menggantinya :)

Gan softkey ( tombol menu ) di R7 dan R7 lite saya mati?

Memang mati gan, secara default untuk R7 dan R7 lite di set tidak menyala, dan ini tidak bisa diaktifkan, dibuat seperti itu untuk menghemat daya.

Gan R7 series ada equalizernya nggak?

Secara default nggak ada gan cuma agan bisa install snapdragon audio + atau dolby disini :



Cara instalasinya gampang kok :



Gan apa benar OPPO R7s speakernya cuma satu kan lubangnya 2?

Betul gan, speaker R7s terletak di lubang sebelah kiri sedangkan mic terletak di lubang sebelah kanan. lalu kenapa ada 2 lubang? Hal itu demi memaksimalkan output suara yang dihasilkan oleh R7s. Dengan dua lubang speaker maka suara akustik yang dihasilkan akan lebih luas.


Dari semua seri, mana yang memiliki fingerprint?

R7 Plus adalah satu - satunya seri R7 yang dilengkapi dengan sensor sidik jari atau fingerprint. Selain untuk membuka menu, fingerprint juga dapat digunakan untuk enkripsi aplikasi maupun foto gan :)

Sensor fingerprint pada R7 Plus
Gan saya beli tempered glass dan antigores kok gak pas semua?

Memang seperti itu gan, ini karena adanya layar lengkung 2,5D, dimana sisi - sisi layar R7 series melengkung, tempered glass dan antigores sudah pasti tidak bisa ditempel di permukaan melengkung, antigores juga sama pasti tidak akan merekat kuat. Pastinya antigores atau tempered glass akan berukuran lebih kecil dari layar, ini semua merek yang beredar saat ini ya. Kalau mau semua terlindung mungkin bisa beli antigores liquid yang bersifat cair kemudian mengeras :) seperti tipe ini.

Gan di R7 series nggak ada fitur guest mode ya?

Sayangnya di R7 series ini fitur guest mode ditiadakan :( kabarnya akan kembali ada lagi di ColorOS 3.0 yang berbarengan dengan perkenalan Find 9, tapi nggak tau kapan (T T). untuk yang menginginkan fitur ini mungkin sementara bisa unduh aplikasi sejenis di playstore .

Gan gimana nampilin emoji di keyboard bawaan R7?

Tahan aja gan tombol yang 123 agak lamaan, nanti sebelah kanan ada emoji. Kalo yang agan maksud emoji yang gambar smiley kayak standar google, kayaknya si gana harus ganti keyboardnya deh :)

Bagaimana menonaktifkan fitur auto correction pada keyboard R7 Series?

Silahkan masuk ke pengaturan melalui :
Setting -> Language&input -> pilih Swype for OPPO -> lalu pilih setting -> Pada bagian prediction uncek Auto-Corection dan Next Word Prediction


Bagaimana mengaktifkan fitur blind shoot ( memoto dalam keadaan layar mati ) pada R7 Series?

masuk ke kamera => masuk ke filter ( paling kanan gambar lingkaran bertumpuk ) => masuk ke pengaturan ( paling tengah, gambar gerigi ) => Cari rapid shooting fungction => aktifkan ( tombol menjadi warna hijau )

setelah itu pada keadaan layar terkunci, pencet kombinasi tombol volume up dan down bersamaan.

Bidik wanita cantik yang minu kopi di seberang agan, share ke saya!

Gan BBM di R7 series hang, nggak bisa login?

Coba pake BBM seri sebelumnya :D nanti baru diupdate, bisa unduh disini lho .

Aduh tiba - tiba R7 series saya stuck hanya boot trus logo OPPO saja solusinya?

Paling bener ya dibawa ke service center, karena memang tidak ada tools ataupun firmware yang bisa dipasang langsung ke devicenya. Service center OPPO ada disini .

Gan apa R7 series yang saya beli asli? gimana cara ceknya?

Silahkan melakukan cek IMEI disini untuk mengetahui keaslian perangkat OPPO yang agan beli :) .

Waktu saya melakukan pembelian R7 series saya ditawarkan OPPO Care, apa itu gan?

OPPO Care adalah asuransi perlindungan smartphone dari OPPO. OPPO Care sendiri terbagi menjadi dua varian harga, yaitu : untuk harga ponsel dibawah Rp.2.000.000,- cukup membayar Rp168.000,- Sedangkan untuk harga ponsel diatas Rp. 2.000.000,- cukup membayar Rp.198.000. Masa berlaku OPPO Care adalah 12 bulan, dan berlaku saat tanggal pembelian unit ponsel. OPPO Care tidak dapat dipindah-tangankan/ dialihkan ke pengguna lain, dan tidak dapat menggaransikan aksesoris seperti: baterai, earphone, casing luar, kartu memori, charger, kabel USB.

OPPO Care akan menyediakan pelayanan dimana bagi pengguna yang menggunakan smartphone merek OPPO yang mengalami jatuh, menerima tekanan, atau kemasukan cairan secara tidak disengaja dan menyebabkan kerusakan, maka pengguna dapat menikmati satu kali service dengan pertangungan biaya 85% dari harga pembelian. Lebih lanjut silahkan lihat keterangan disini .

Apa R7 series bisa digunakan untuk melakukan panggilan video call?

Secara default tidak bisa gan, tapi agan bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti line, wechat, skype dan sejenisnya.

Gan bagaimana biar R7s ada mode malamnya di kamera, punya saya nggak ada?

Silahkan unduh disini bentuknya .apk, setelah install nanti aktifkan di store kameranya ya :).

Gan R7 saya hilang, apa bisa dilacak?

Wah kalo sudah hilang mah susah untuk dilacak, kecuali agan melakukan tindakan preventif sebelumnya dengan menginstall Android Device Manager terlebih dahulu, setelah di install aktifkan fitur ini menggunakan akun gmail dan password agan, kemudian pilih device yang agan gunakan (jika banyak device) untuk melacak agan bisa pergi ke sini. Disana agan bisa melacak device, menghapus dan mengncinya, namun ada syaratnya selama device yang hilang tersebut terhubung dengan internet dan belum di factory reset oleh si malingnya ( amit2 deh ilang gan! )

Gan kalo R7Series rusak, servicenya dimana?

Silahkan menuju tautan berikut gan : http://www.oppo.com/id/supports/customer-service-center/?city=101

Gan memory yang recomended buat R7 Series apa ya?

Wah banyak gan! kalo saya si pake Strontium, Toshiba, Sandisk dan Vgen. Untuk VGen usahakan type hyperseries ada di review saya . Usahakan MicroSD card yang dipilih Class 10, lihat juga kemampuan read and writenya, saya sarankan diatas 70 Mb/s, bisa kelas UHS-1 atau U3 seperti Vgen yang saya review

Masuk ke bagian yang agak serius yuk gan :)

Apa sih ROOT itu?


Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, root memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android.

Emang ROOT wajib gan?

Nggak sih, tergantung kebutuhannya kalau memang mau memodifikasi sitem android silahkan, ata ada keperluan aplikasi yang membutuhkan akses root. Root itu nggak menimbulkan efek apa - apa jika hanya diaplikasikan.

Gan gimana buat ROOT R7 series?

kalo saya sih biasanya menggunakan OPPO Tools, bisa diunduh disini.

catatan : 

untuk seri R7s versi firware yang dapat di root dengan aplikasi ini pada 151119

Untuk R7s untuk OTA update R7sfEX151210 dapat di ROOT caranya sebagai berikut :


1. Unduh file berikut : update.zip
2. Matikan R7s dan masuk ke recovery ( Tekan kombinasi power+volume down, tahan dan lepas tombol power setelah muncul logo OPPO )
4. Pada recovery mode masuk pilihan " Install from storage device "
6. Cari file update.zip kemudian klik untuk menginstall
7. Reboot perangkat agan, setelah itu agan akan menemukan aplikasi SuperSU

2. Copy file tersebut ke memory internal R7s ( Tanpa masuk dalam folder )

Thanks om Abdul Aziz

Ada ADB Driver buat R7 series gan?

ada bisa unduh disini.

Punya original recovery buat R7 series gan?

ada dong klik link dibawah ya :





Kalo untuk TWRP?

TWRP saat ini hanya tersedia untuk R7 plus dan R7

Ada custom ROM yang bisa di install di R7 series gan?

Ada, tapi kebanyakan untuk R7 Plus silahkan unduh disini :



Gan kalo mau download official firmware dimana ya?

silahkan mampir ke website OPPO Indonesia gan

Share this:

45 comments :

  1. Replies
    1. Thank you juga :) senengnya kalo bisa membantu :D

      Delete
  2. Gan bagi tips untuk kamera oppo r7f nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips kaya gimana om? siapa tau bisa jadi bahan tulisan saya, foto kayak apa yang mau di ambil?

      Delete
  3. gan niko buat hands on atau review lengkap di oppo r7s dong...di youtube msh sedikit soalnya --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. oii dopost,weh banyak kok di kanal yutube. versi Indonesia juga kok :)

      Delete
    2. kalau khusus di fitur kamera aja gan
      masih sedikit yang mengulas dalam di fitur fitur kamera nya

      ane rencana mau beli jg sih awal taun nanti hehe

      Delete
    3. Maksudnya penjelasan per fitur ya? boleh deh nanti kalo saya ada waktu gan :) kayaknya enak nulis deh trus kasih contoh gitu??

      Delete
    4. iya gan hehe
      itu slow shutter nya bisa buat light painting atau silk water gitu g ya ??
      secara ane suka sama yg namanya gadgetgraper wkwk

      btw r7s g make lensa schneider ya kaya r7 sama r7 plus ?

      Delete
  4. Tips Kamera eksposur Ganda nya dong gan,masak Hasil nya Remang2 22 nya.
    Untuk R7Lite.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya eksposure ganda itu satu jelas satu remang2.. vesi firmwarenya berapa ya gan?

      Delete
  5. klau custom rom Miui buat R7plus ada ngga gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu saya kurang tau, mungkin bisa dicari gan, yang ada custom romnya di forum internasional ya cuma dua itu gan :)

      Delete
  6. Gan Nikon mau tanya ya, ko oppo r7s saya sekarang jika dicharge tidak ada simbol petir di indikator baterai, padahal sebelumnya selalu ada, bagaimana cara nya ya gan agar simbol petir tersebut kembali muncul dan apakah itu berpengaruh pada kondisi baterai hp saya? Tks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisinya gimana gan? bisa kasih screenshot? bahas di kaskus aja gan, biar enak kasih gambarnya :D

      Delete
    2. Kondisinya hanya tidak ada simbol petir (warna kuning yg berada di simbol baterai)yg biasanya ada saat oppo r7s sedang dicharge, untuk fungsi lainnya tidak ada yg bermasalah.
      Update: sekarang simbol petirnya sudah ada lagi gan, sebelumnya saya uninstall game ufc (entah ada hubungannya atau tidak, tetapi yg saya lihat dari rincian penggunaan baterai, game dan memakan saya yg paling besar) dan sekarang sudah normal kembali (simbol petir kembali muncul saat dicharge).tks agan Niko

      Delete
    3. Wah sama - sama om, akhirnya muncul lagi ya

      kayaknya nggak ngaruh itu cuma kangen hp om, mungkin minta makan udah lama nggak diisi pulsa :p :p :p

      Delete
  7. wah keren info nya... makasih gan...:) Mudah2 an di update terus info nya....

    ReplyDelete
  8. malam agan niko..r7plus sy ada sistem update R7plusfEX_11_151225,nah sy mau update tp ragu tkt ga stabil atau lemot atau gmn(pengalaman dgn sam****)..gmn ya kira2 msh ada bug parah ga ya?mohon sarannya..makasih

    ReplyDelete
  9. It apk yg custom rom bisa dipasang di r7 om?? Perlu root dl g? Trs ad g yg root tnpa connect ke pc?? Thanks

    ReplyDelete
  10. Akhirnua sukses root r7 dgn oppo tools 1.6.5 , nah skg timbul baru....mau bikin partisi mmc gagal trs...error trs,kn yak,udh nyoba 2 app,aparted n app2sd...gagal smua
    ..

    ReplyDelete
  11. Akhirnua sukses root r7 dgn oppo tools 1.6.5 , nah skg timbul baru....mau bikin partisi mmc gagal trs...error trs,kn yak,udh nyoba 2 app,aparted n app2sd...gagal smua
    ..

    ReplyDelete
  12. untuk oppo r7s pengisian batterai pertama bagaimana yang baik ??
    harus dihabiskan sampe habis dulu atau langsung di charge full ?

    need respon om mau ambil nanti sore hehe

    ReplyDelete
  13. Salam kenal bang niko, mohon info screen guard R7s yg recommended n belinya dmn?, bluetooth R7s dah A2DB khan?...makasih responnya

    ReplyDelete
  14. Om niko r7f root nya pake oppo tools versi brpa ?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. gan mau tanya cara untuk connect internal memory ke pc gimana ya?, koq R7S ane ga bisa konek kalo mau mindah files

    thanks

    ReplyDelete
  17. Bbm tidak kompatible sama oppo r7s

    Any solution ?

    ReplyDelete
  18. Gan mw nanya kpn ya rilis oppo r7f k lolipop ?

    ReplyDelete
  19. assalamu'alaikum wr.wb met pagi bang niko ane mau tanya ney tlng dijwb y ane punya oppo r7s ane sblm'y sdh diroot tanpa sengaja ane buka oppo tools trs kebagian common kepencet unroot trs ane mau root ko timmbul peringatan "root may damage your device" ini solusi'y gmn y....ane klik one key root device mlh restar blh minta kontak person'y...pliss

    ReplyDelete
  20. trs klo mau msk cmw'y gmn y ane dah nyobain cara ente yg diatas g bs msk cmw dah gitu kamera ane "tdk dapat terhubung ke kamera" gmn solusi'y y....Ane kirain gatering oppo besok eh mlh tdi pagi ......

    ReplyDelete
  21. trs klo mau msk cmw'y gmn y ane dah nyobain cara ente yg diatas g bs msk cmw dah gitu kamera ane "tdk dapat terhubung ke kamera" gmn solusi'y y....Ane kirain gatering oppo besok eh mlh tdi pagi ......

    ReplyDelete
  22. kerenn gann, infonya lengkap banget eah . . ditunggu info r9 nya yaaa

    ReplyDelete
  23. Mantap om artikel nya.
    Mau tanya gan, ane instal viper, atau sound mod lain nya di oppo r7. Tp ko suaranya jd pecah yaa? Apa ada masalah dr firmware r7 nya?

    ReplyDelete
  24. Gan cara membuat virtual key nya jadi transparan,bgmana ?

    ReplyDelete
  25. Untuk hp oppo r7s nya virtual key nya gak transparan,cara membuatnya transparan gimna gan ?

    ReplyDelete
  26. Gan cara membuat virtual key nya jadi transparan,bgmana ?

    ReplyDelete
  27. Bagi tips Root Oppo Neo 5 dong..??

    ReplyDelete
  28. Bagi tips Root Oppo Neo 5 dong..??

    ReplyDelete
  29. Bang kalo firmware oppo f1s dipake buat oppo r7s bisa ga.

    ReplyDelete
  30. Bang kalo firmware oppo f1s dipake buat oppo r7s bisa ga.

    ReplyDelete
  31. hu bagi link firmware r7g indonesia donk

    ReplyDelete
  32. Gan hp oppo r7s ane tidak bisa baca kartu memori, udah tes pake 4 kartu memori teman tetap tidak bisa dibaca, mohon pencerahannya untuk seteingan kartu memori. thx gan

    ReplyDelete
  33. Gan, R7 saya loudspeaker nya mati, sehingga tiap kali video call harus pake headset agar lawan bicara bisa mendengar. Ada saran, gan...

    Terima kasih

    ReplyDelete

 
Copyright © Nikondroid. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates